Jumat, 20 November 2009

Pembayaran Dalam Perdagangan Internasional

pembayaran dalam perdagangan internasional, letter of creditCara pembayaran dalam perdagangan internasional pada dasarnya dapat diklasifikasikan berdasarkan tingkat hubungan dan posisi tawar antara pihat-pihak terkait, yaitu antara penjual/seller/eksportir dan pembeli/buyer/importir. Adapun mekanisme pembayaran transaksi perdagangan internasional dapat dilakukan dengan menggunakan Letter of Credit (L/C) dan tanpa L/C (Non L/C).

Tanpa L/C (Non L/C)
Dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori :
1. Advance Payment
Advance Payment atau pembayaran dimuka dimana pembayaran dilakukan oleh pembeli/buyer kepada seller sebelum barang dikapalkan. Cara pembayaran seperti ini dapat terjadi apabila pasar dikuasai oleh penjual (seller Market) atau penjual tidak yakin akan buyer atau Negara si buyer. Kelemahan dari jenis pembayaran ini barang tidak dikirim oleh seller atau kualitas barang tidak sesuai dengan yang diperjanjikan atau pengiriman barang terlambat atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan perjanjiannya.

2. Open Account
Open Account merupakan kebalikan dari Advance Payment, yaitu Eksportir mengirimkan barang beserta dokumen langsung kepada importer, dan selanjutnya menunggu importer melakukan pembayaran. Hal ini dapat terjadi apabila buyer memiliki posisi tawar yang tinggi. Kelemahan cara pembayaran ini adalah adanya ketidakpastian pembayaran seperti pembayaran terlambat atau melewati batas waktu pembayaran atau jumlah nominal yang dibayarkan tidak sesuai dengan perjanjian.

3. Consignment
Seller hanya menitipkan barang kepada buyer (buyer bukanlah pembeli akhir) dan pembayaran dilakukan oleh buyer apabila barang telah terjual. Kelemahan cara pembayaran seperti ini adalah tidak ada kepastian kapan pembayaran dilakukan.

4. Collection
Pembayaran dilakukan dengan cara seller mengirimkan dokumen kepada buyer dengan menggunakan jasa bank untuk menagih pembayaran, baik dengan menggunakan draft atau promissory note. Dalam hal ini seller meminta kepada banknya untuk menyerahkan dokumen kepada buyer atas dasar :
A. Documents against Payment (D/P)
Dimana dokumen beserta draft dikirim kepada buyer dan pembayaran dilakukan oleh buyer pada saat buyer menerima dokumen.
B. Documents agains Acceptance (D/A)
Dokumen dan draft dikirim kepada buyer dan pada saat buyer menerima dokumen ia melakukan akseptasi sedangkan pembayaran dilakukan oleh buyer pada saat jatuh tempo. Kelemahan dari jenis pembayaran ini adalah kurang pastinya pembayaran dan potensi kerugian apabila buyer menolak menebus dokumen.

5. Counter Trade
Adalah pembayaran dilakukan dengan cara tukar menukar barang dengan barang. Counter Trade atau perdagangan timbal balik ini sampai saat ini masih ada biasanya dilakukan atas dasar perjanjian 2 negara dalam bentuk Memorandum of Understanding (MOU).

Pembayaran Dengan L/C

Pembayaran melalui L/C dilakukan dengan cara :
Seller menarik uang muka sebagian atau seluruh nilai L/C sebelum barang dikapalkan (Pembayaran dimuka/Red Clause), atau
Pembayaran dilakukan/seller menerima pembayaran setelah dokumen diunjukkan kepada Iss. Bank atau kepada bank yang ditunjuk sesuai dengan syarat L/C (Sight), atau
Pembayaran yang mensyaratkan jangka waktu tertentu dimana seller akan menerima pembayaran beberapa hari/bulan kemudian setelah barang dikapalkan (sesuai dengan persyaratan L/C). (Usance).

pembayaran dalam perdagangan internasional, letter of credit

11 comments:

devisa mengatakan...

artikelnya menarik

Aryo Halim mengatakan...

makasih infonya bos, jadi tambah ilmu nih soal istilah istilah pembayaran. keep share

Johnson Manurung mengatakan...

@ devisa : ha2x thanks

@ Bung Aryo : Sama2 kita berbagi

ina mengatakan...

sbelumnya ina gag pernah tau Kag,...
dan dari sini ina tahu...
makasih Pelajarannya Kag....

Johnson Manurung mengatakan...

@ Ina : sama2 Ina, kita saling berbagi

Langit BukanLah Daratan mengatakan...

nice info pak..
bermanfaat sekali bagi saya yang sedang berusaha mengembangkan bisnis di bidang eks-imp

Johnson Manurung mengatakan...

@ Langit : thanks atas comment & apresiasinya

Anonim mengatakan...

Nai

Saya ingin tau biaya2 apa saja yang dikeluarkan untuk pencairan pembayaran yg menggunakan advance payment...pada saat proses negosiasi dokumen di bank

Johnson Manurung mengatakan...

sayang tidak ada namanya, padahal saya ingin mengenal lebih dekat, masalah biaya tentunya tergantung pada kebijakan masing2 bank, pada dasarnya dalam trs Advance Payment tidak ada negosiasi docs (pengambil-alihan docs), karena pembayaran dilakukan sebelum shipment dan biasanya murni dilakukan dengan transfer (TT) shg biaya yang timbul adalah biaya transfer.
Demikian.

cara optimasi mengatakan...

wah artikel yang bagus nih, blognya juga sangat konsisten membahas satu tema!

sukses selalu buat penulis :D
SALAM KENAL...

IQBAL DOT COM mengatakan...

blogwalking !!!
http://downladsoftware.blogspot.com/

Next Prev home