Jumat, 23 April 2010

Perbedaan Menabung Dan Investasi

Banyak di antara kita sadar akan pentingnya menabung, tapi tidak banyak yang mengetahui tujuan menabung. Bahkan, yang lebih parah, masih ada yang belum bisa membedakan arti menabung dengan berinvestasi.

Hal mendasar yang membuat perbedaan menabung dengan investasi adalah bahwa dalam menabung belum terencana dengan jelas perihal :
  • Tujuan atau kebutuhan secara spesifik, misalnya untuk pendidikan anak, memiliki rumah, atau persiapan pensiun.
  • Seberapa besar dana yang akan dibutuhkan untuk tujuan dimaksud.
  • Kapan kebutuhan itu diperlukan dan berapa lama (jangka waktu) untuk mencapai waktu tersebut.
  • Pilihan/alternatif investasi yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Strategi mencapai tujuan tersebut.

perbedaan menabung dan investasi, tabungan, britama, investasi


Berinvestasi adalah proses menabung yang berorientasi pada tujuan tertentu dan bagaimana mencapai tujuan tersebut.
Apakah Anda pernah memikirkan kebutuhan masa depan Anda (keluarga) secara finansial? Misalnya, kebutuhan akan proteksi asuransi, rumah dan mobil, pendidikan anak, ibadah umrah atau haji, perjalanan wisata, dan kebutuhan masa pensiun? Jika ya, apakah Anda pernah memikirkan jumlah dana yang dibutuhkan? Dan kapan Anda membutuhkannya ?
Semua kebutuhan Anda di atas akan sangat mungkin tercapai apabila Anda melakukan perencanaan sejak dini.
Sekarang Anda tinggal pilih di antara kedua cara di atas. Dalam berinvestasi ada unsur perencanaan (akan kebutuhan masa depan), sedangkan dalam menabung Anda hanya menyisihkan sebagian dana yang belum anda gunakan.

46 comments:

munir ardi mengatakan...

untuk sementara menabung dulu pak habis untuk berinvestasi tabungannya masih dikit banget

Lembaga Pelatihan mengatakan...

Nah jadi tahu sekarang nih.. tapi terus terang aza boro2 buat nabung apalagi investasi...!!peace

Sora mengatakan...

terimakasih,infonya sangat membantu sekali.....

ina mengatakan...

mantab....
jdi tau perbedaannya...
trimakasih kag :D

muth2 mengatakan...

nice info...
thanks, keep sharing!!!

HAPIA Mesir mengatakan...

betul kawan...memang kalo bisa lebih baiknya investasi..karena dengan investasi uang jadi berputar...disamping mendapat keuntungan juga dapat memberikan dampak positif bagi yang lain...

Islam Dan Sains mengatakan...

terima kasih atas penjelasannya sahabat.

akhatam mengatakan...

Memang biar duitnya bisa berjalan terus, mendingan di Investkan dari pada di tabung..
btw, pingin juga mau invest, tapi belum cukup dana... hehehhe

Johnson Manurung mengatakan...

@ Munir : dari sedikit lama-lama jadi bukit ya Pak

@ Lembaga Pelatihan : isi kantong dapat diduga tapi isi tabungan siapa tahu ?

@ Sora, Ina, Muth2 & Islam : terima-kasih sahabat atas supportnya.

@ Hapia Mesir & Akhatam : tepat sekali sahabatku, berinvestasi memang lebih menjanjikan.

@ All : terima-kasih sahabat atas kunjungan dan komennya.
Salam Persahabatan

Abdul Hafizh Asri mengatakan...

Wow .. tambah ilmu lagi tentang perbankan nih .. Hehe .. ;)
saya follow yah sob .. Follow balik yah sob Keep share .. !

aan mengatakan...

yap,,sementara masih menabung,
makasih info nya mas ..met malam

Fenomena Alam mengatakan...

betul sekali kawan...walau kadang suka terdapat keraguan tentang untung rugi, tapi kalau tidak di coba kapan kita mau maju? nice info...

mimi mengatakan...

~~menyedarkan mimi betapa pentingnya menabung walaupun dikit-dikit~~

negeriads.com solusi berpromosi mengatakan...

bagaimana dengan faktor resiko antara menabung dan berinvestasi...?

kartu kredit mengatakan...

Mungkin sedikit menambahkan perbedaannya, mengenai besaran profit dan besaran resiko dari keduanya.
salam sukses...

Ana Cristina mengatakan...

Thanks for visiting and comments left in my blog. Wish you a nice Sunday and a happy week ahead!

Sharing ilmu mengatakan...

hmm menabung dan berinvestasi maknanya tidak begitu jauh..
menabung sambil berinvestasi kan bisa..
berinvestasi sama dengan menabung..

yg penting jalani saja dl..
hehehhe

impotenta mengatakan...

Good job here...:)

Bunglon Blog mengatakan...

wah begitu ya mas penjelasannya
mungkin untuk sementara hanya bisa menabung dan perlahan2 beranjak untuk belajar berinvestasi hehe...

Sukses Slalu!

Blogs4funny mengatakan...

Ohh ternyata begitu ya sob,thanx atas infonya

Siapapun Suka mengatakan...

setuju banget sob...sedang berusaha berinvestasi nih...asal jangan investasi anak sebelum nikah aja...hehehe...:D

salam blogger,

http://siapapunsuka.blogspot.com

Blogger Pinrang mengatakan...

kayaknya saya belum berinvestasi. hanya sekedar menabung aja.

Ferdinand mengatakan...

Wah klo dipikir bener juga ya Sob.....Klo investasi udh jelas tujuannnya tp klo nabungh ya ga pasti hhe....makasih info'y SOb....

lina@women's perspectives mengatakan...

Artikel yang sangat bermanfaat, tapi kok saya sekarang sedang susah untuk menabung nih...

hamuro mengatakan...

menurut saya yang awam, menabung itu mengumpulkan duit, meski sudah jelas rugi kena inflasi. investasi itu mengembangkan duit, sehingga pertumbuhan nilai realnya positive, atau nilai nominalnya tumbuh di atas laju inflasi. menurut saya masyarakat tiap saat kita dibodohi oleh iklan, yang mengatakan bahwa menabung akan menghasilkan keuntungan, menurut saya ini menyesatkan karena tidak ada bunga tabungan yang dipatok di atas laju inflasi.

investasi-digital.blogspot.com mengatakan...

Masih bingung bang...

Mendingan nyuruh uangnya kerja dulu...:)

masterGOmaster mengatakan...

kalau aku sih lebih cenderung ke investasi..soalnya kalo menabung gak panjang umurnya untuk disimpan dan selalu terkuras terus he he he maklum tangan aku gatel sama yang namanya gesekan atm

munir ardi mengatakan...

ijin nabung Link dulu disini mas sebelum berangkat kerja

tomo mengatakan...

Aku masih berkecimpung dalam hal menabung saja.Untuk investasi masih terlalu mengikat periodiknya.Masih belum mampu kawan heheh

bisnis online mengatakan...

ikutan nabung ilmu disini pak...

munir ardi mengatakan...

menabung dulu pak nanti setelah banyak baru berinvestasi

BeDa mengatakan...

Perlu berinvestasi, tidak sekedar menabung.

Salam ukhuwah

waroengdollar mengatakan...

selalu ingat menabung untuk masa depan .....

sehat-mu mengatakan...

perlu dua2nya sobat bwt saya..
dan perlu sinergis juga dalam pengelolannya...
seimbang kira2 begitu sobat..
ulasannya menarik ini..
salam persahabatan

alkatro mengatakan...

kalo investasi masih ada resikonya untuk rugi, sedangkan kalo menabung, ga ada ruginya.. he he apalagi kalo menabungnya di BRI..
makasih infonya mas :)

mimi mengatakan...

info yang berguna buat mimi...thanks sahabatku..

ghamebangget mengatakan...

BRI ada KTA nya ga mas (Kredit Tanpa Agunan)

MangMelan Corp. mengatakan...

Ku memang berpikiran, mau nabung atau investasi, ????

oempak mengatakan...

saya inginnya menabung dulu, tp klo nanti misalkan udh gedean mungkin bs digunakan jg buat investasi, skalian deposito jg :)

tiwi mengatakan...

Sangat bermanfaat Pak,....apalagi skrg bnyk produk yg menggabungkan keduanya sekaligus, yaitu menabung dan jg investasi, seperti asuransi unit linked itu...tnx sdh share pak...

Anonim mengatakan...

that’s right christian louboutin discount shoes she makes jewelry for the human-kind too. Hand-sewn designer cat louboutin sale uk collar with Swarovski pearls and rhinestones will make your cat look like she’s going discount christian louboutin women's shoes out on a date and it’s perfect for Valentine’s day. discount christian louboutin shoes uk Colors range from pink, black to red with little roses sewn onto the collar, rhinestones cheap christian louboutin shoes uk wrap around the neckline between the flowers adding to it’s romantic look. christian louboutin black lace suede ankle boots Personalized designer cat collars are becoming a big hit, get your cat’s name in rhinestones so uk christian louboutin she can proudly wear it around her neck

Anonim mengatakan...

Traditionally, Ugg Boots rugby boots were of a high cut Uggs above the ankle to provide additional Cheap Ugg Boots ankle support. This was seen as appropriate Ugg Boots UK given the nature of the game,UGG Australia particularly the stresses of forward play, Ugg Boots Sale and the amount of physical contact involved and to provide protection against knocks

ryan mengatakan...

One accessory that many women christian louboutin black leather ankle boots consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for ladies handbags in the marketplace that red sole shoes christian louboutin the selection just constantly increases. As each new season begins there are dozens christian louboutin cosmo 120 python pumps of new designs of ladies handbags available. Every woman has her own sense of style and therefore she’ll christian louboutin vip discount co uk tend to purchase ladies handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. christian louboutin pigalle 120 patent pumps These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and carry the names of some christian louboutin miss fortune sandals buy of the most celebrated designers in the world

VICKYFF mengatakan...

Come up, don't be so naive. How u expect the Police to arrest those Chinese nationals who were trying to get back what they deserved, their hard-earned money. Unlike the 2 stupid idiots who "cho boh lan", the Chinese nationals did not protest just for the sake of challenging the rule of law. The 2 clowns are just as naive as you.
Scarf Scarf

distributor sprei mengatakan...

ga thank you nice and very helpful info, greetings and salutations successful bloggers, I'm from the blog
sprei
bedcover

IQBAL DOT COM mengatakan...

BLOGWALKING !!!
http://downladsoftware.blogspot.com/

Next Prev home