Kamis, 06 Mei 2010

Berinvestasi Di Obligasi

Turunnya bunga deposito membuat para investor melirik instrument investasi lain yang memiliki hasil yang lebih tinggi. Obligasi menjadi alternative investasi yang menarik.

Ibarat air mengalir ke dataran rendah, dunia investasi berlaku sebaliknya, uang mengalir ke investasi yang menghasilkan return yang lebih tinggi. Turunnya bunga deposito beberapa bulan lalu membuat para investor melirik instrument investasi yang memiliki hasil yang lebih tinggi. Salah satunya adalah obligasi. Mengapa obligasi menjadi alternatif investasi yang menarik ? walupun sebagian kita sudah sering mendengar tentang instrument investasi ini namun tidak ada salahnya bila investasi obligasi kita kupas kembali.

Obligasi atau dengan kata lain surat pernyataan utang merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh badan atau institusi atau bahkan suatu Negara, yang mengajak para investor untuk ikut berpartisipasi dalam pembiayaan proyek-proyek yang bernilai ekonomis tinggi. Umumnya tingkat keuntungan yang diperoleh dari proyek yang dibiayai dalam bentuk bunga atau kupon. Begitu pula dengan pelunasan pokok obligasi juga berasal dari profit proyek yang dibiayai.

Maraknya penerbitan obligasi di tahun 2009 dan 2010 didukung oleh tingkat suku bunga pasar yang cukup rendah dengan indikator rendahnya BI rate. Rendahnya BI rate, mendorong rendahnya suku bunga simpanan di bank. Namun penurunan bunga simpanan tidak serta merta menurunkan bunga kredit di bank, salah satunya karena bank masih memiliki eksposur simpanan jangka panjang dengan bunga yang tinggi.

Adanya time-lag penurunan bunga pinjaman dengan suku bunga di pasar, mendorong dunia usaha untuk mencari sumber pembiayaan langsung dari investor dengan cara menerbitkan Obligasi atau Surat Utang. Agar investor tertarik menanamkan dananya di Obligasi dibandingkan ke Deposito, para penerbit Obligasi (Emiten) akan memberi kupon yang lebih menarik daripada bunga Deposito.

Dan agar Emiten bisa lebih efisien dibandingkan membayar suku bunga kredit dari bank, maka kupon obligasi yang diterbitkan akan lebih rendah dibandingkan suku bunga kredit. Dengan demikian kedua belah pihak akan saling mendapatkan keuntungan yang optimal.

Dari sisi investor untuk memutuskan membeli atau tidak obligasi yang diterbitkan apakah cukup hanya mempertimbangkan kupon yang diberikan oleh emiten ? Jawabannya tentu TIDAK ! Bagaimana kalau pada saat jatuh tempo emiten tidak mampu membayar hutangnya? Oleh karena itu analisa pengendalian resiko perlu dilakukan oleh investor sebelum memutuskan membeli atau berinvestasi pada satu jenis obligasi.

Kredibilitas dari penerbit surat utang adalah jaminan utama dalam menilai kemampuan perusahaan. Bagaimana mengukur kredibilitas tersebut?
Pertama : Siapakah penerbitnya ? Pemerintah, BUMN atau Swasta
Kedua : Rating Obligasi dan Perusahaan Penerbit, yang diberikan oleh lembaga pemeringkat antara lain : PEFINDO, Moodys atau S & P.
Ketiga : Kredit Historis dari penerbit obligasi apakan pernah wan prestasi (gagal bayar atau tidak)
Keempat : Analisa Keuangan Perusahaan antara lain : kesehatan laporan keuangan dan pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan.

Semakin tinggi rating obligasi dan perusahaan penerbitnya semakin bagus keamanan investasi obligasi tersebut. Pada umumnya kupon bunga yang diberikan lebih rendah dari obligasi dengan rating yang rendah.

Satu hal lagi yang perlu diingat dari obligasi adalah resilo naik turunnya harga obligasi. Selama umur obligasi, harga obligasi bisa naik dan turun menyesuaikan dengan tingkat bunga pasar yang berlaku. Hal ini menjadi tidak masalah bilamana investor tidak menjual obligasi di tengah jangka waktu atau memegang hingga jatuh tempo, investor akan mendapatkan pelunasan seluruh pokok Obligasi sesuai nominal yang dibelinya.

Demikian sekilas tentang Obligasi. Dalam waktu tidak lama lagi Pemerintah Indonesia akan menerbitkan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri 007.
Tertarikkah anda berinvestasi di ORI ? silahkan menghubungi Kanca BRI terdekat. Selamat Berinvestasi !.

Sumber : info BRIVEST

54 comments:

HAPIA Mesir mengatakan...

wah saya masih kuliah pak..hehehehe

makasih infonya pak..

HAPIA Mesir mengatakan...

wah saya dapet pertamaxxx...pak...

Artikel Islami mengatakan...

harus terus belajar dan belajar kalo mau buat usaha sendiri ni. atau setidaknya mau investasi..

akhatam mengatakan...

Wah Muantappp!!! belajar dulu dikit2 mengenai keuangan dan bisnis.. Tx

lina@women's perspectives mengatakan...

ORI memang investasi yang menarik... sayang saya belum punya anggarannya...

munir ardi mengatakan...

untuk deposito aja belum ada uangnya apalagi obligasi pak, tapi sangat berguna menambah pengetahuan perbankan

bluethunderheart mengatakan...

sangat mantab
salam hangat dari blue

andee mengatakan...

good post man..

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

kayaknya menarik untuk di coba nih..., tapi harus kumpul dana dulu.

Makasih atas infonya bang
Selamat sore, sukses selalu.

hiabrother mengatakan...

Benar banget informasi ini mas dan kita juga harus teliti sebelum memastikan kita akan beriventasi

Fenomena Alam Semesta mengatakan...

info yang bermanfaat...makasih kawan..

masterGOmaster mengatakan...

ingin sih seperti orang orang yang lain membeli surat oblogasi tapi sayang dompetku belum cukup kesana..btw terima kasih informasi berharga ini semoga bisa untuk acuan nanti,terima kasih

Sharing ilmu mengatakan...

belum punya modal saya pak..
semoga nanti nya bisa mencoba..

heryanto mengatakan...

info yg bagus pak, wah kl ada modal boleh juga tuh.

alkatro mengatakan...

investasi obligasi menarik sekali nih, tabungan saya masih dikit he he.. makasih infonya mas .. selamat berlibur :)

aan mengatakan...

perlu di pertimbangkan nih,,invest obligasi..hehe

tomo mengatakan...

Ingin sich invest.tp takut gagal dan rugi

ina mengatakan...

hihihihihihi... gag ngerti xixixixixixi...
bahasanya ketinggian buat ina kag... hihihihihi..... :D

nice info ajah dah... :D
kabuuuuuuuuuurrrrrrrrrr

budiawanhutasoit mengatakan...

sepertinya menarik nih..tapi dananya blm ada..$ dari job repiu belum cukup..hehe

Alasan Penolakan mengatakan...

Nah ini pilihan berinvestasi mantafff, tapi belum cukup dana hehe...jangka panjang ya mas.

http://pigvids.com mengatakan...

aku sangat apresiasi deangan bisnis obligasi ini, aku kan buat kebijakann Saja Ah, hihihihihihiuhihi

rachmat mengatakan...

sukses deh sob, ane ga ngarti ama yg beginian :D

freedownloadfont mengatakan...

infonya bagus mas!
makasih udah sharing ya.
salam kenal 0_0

Brian Sang Pemberontak mengatakan...

investasi buat saya masih numpang dirumah orang tua sepertinya masih jauh pak, salam kenal

brian berpikir positif mengatakan...

mengembang manah pak munir untuk ngurus blgnya sementara ini

Bunglon Blog mengatakan...

obligasi sebuah kata yg tidak asing mas namun penjelasan secara mendetail baru tau sekarang haha..terimaksih sudah berbagi mas
Sukses Slalu!

asep canda mengatakan...

ada pinjaman lagi nih buat pengusaha kecil heheheheheh

Nyach's and Company MMS mengatakan...

info penting ini Pak, klo sudah ada uang mau ikut ah , semoga ada rizqi

Ra'want mengatakan...

salam kenal
obligasi itu perhitungannya gimana, Pak

mas acrom mengatakan...

trima kasih atas informasi obligasinya sob,sangat bermanfaat...:)

Edwin's Personal Blog mengatakan...

Investasi adalah impian. Tapi modal masih cekak nih, hehehe. Selamat siang Pak Johnson :)

Ferdinand mengatakan...

Waduh aku udh baca dari awal tp blum terlalu ngerti nie Sob....Inti dari obligasi itu apa toh Sob??? bhasanya lebih gampang aku ngerti Sob hhe...

aan mengatakan...

malam sabtu kembali mampir disini baca2 infonya..

iswady mengatakan...

thanks infonya. kayaknya layak tuk dipertimbangkan untuk 10 tahun ke depan

lady kingdom mengatakan...

wah, kapan ya aku bisa invest di obligasi ?

munir ardi mengatakan...

investasi ini betul-betul menarik pak

hanumuslem mengatakan...

wah infonya sangat penting... trimakasih pak

harto mengatakan...

wow kapan yaaa saya punya....
trims atas infonya, sangat membantu. sukses selalu n tetap semangat

Sam mengatakan...

hello! how are you?

R I S A L mengatakan...

sangat menarik...tapi syang gak ada modal....masih cari-cari modal nih...tunggu aja ampe ada modal ya sob...heheh

tomo mengatakan...

Mak nyus kawan.obligasi baik bt yg punya duit ya

odonk's mengatakan...

he...
gak ngeti pak....
tp kyknya menarik...

tomo mengatakan...

Aku baca berulangkali postingan ini.tp masih takut juga menanam

Uswah mengatakan...

Masih belum mengerti bpk

Munir Ardi mengatakan...

mampir dengan semangat baru belajar perbankan

Bunglon Blog mengatakan...

selamat pagi mas mohon maaf baru sempet mampir, baru kembali soalnya hehe...
selamat beraktivitas ya mas...
sukses slalu!

Dwi Isnein Evian Syah mengatakan...

Dunia Investasi hal yang menarik.
ada rugi dan untung. Tapi banyak resiko jika investasi ada pihak kedua to ketiga.
Jika ada uang lebih mending diputar sendiri sob, buka usaha WARNET mungkin. Soalnya di Batam lagi bagus2nya buka usaha ini.
Klu ada DONATUR yang bersedia untuk bekerjasama, emailku ya...hihihihi (maaf bang sekalian promosi)

Komputer Tips mengatakan...

nice info pak...
gak ngerti yg beginian.....

oempak mengatakan...

investasi obligasi baru tau pengertiannya, jenis lain investasi jg nih, tp kekna yg ini lbh gede lg modalnya ya dibanding investasi lainnya

Anonim mengatakan...

that’s right christian louboutin discount shoes she makes jewelry for the human-kind too. Hand-sewn designer cat louboutin sale uk collar with Swarovski pearls and rhinestones will make your cat look like she’s going discount christian louboutin women's shoes out on a date and it’s perfect for Valentine’s day. discount christian louboutin shoes uk Colors range from pink, black to red with little roses sewn onto the collar, rhinestones cheap christian louboutin shoes uk wrap around the neckline between the flowers adding to it’s romantic look. christian louboutin black lace suede ankle boots Personalized designer cat collars are becoming a big hit, get your cat’s name in rhinestones so uk christian louboutin she can proudly wear it around her neck

Anonim mengatakan...

Traditionally, Ugg Boots rugby boots were of a high cut Uggs above the ankle to provide additional Cheap Ugg Boots ankle support. This was seen as appropriate Ugg Boots UK given the nature of the game,UGG Australia particularly the stresses of forward play, Ugg Boots Sale and the amount of physical contact involved and to provide protection against knocks

ryan mengatakan...

One accessory that many women christian louboutin black leather ankle boots consider a necessity is a handbag. In fact there is such a demand for ladies handbags in the marketplace that red sole shoes christian louboutin the selection just constantly increases. As each new season begins there are dozens christian louboutin cosmo 120 python pumps of new designs of ladies handbags available. Every woman has her own sense of style and therefore she’ll christian louboutin vip discount co uk tend to purchase ladies handbags that reflect that. For some women they only buy designer ladies handbags. christian louboutin pigalle 120 patent pumps These particular types of ladies handbags are crafted from the finest materials and carry the names of some christian louboutin miss fortune sandals buy of the most celebrated designers in the world

IQBAL DOT COM mengatakan...

BLOGWALKING !!!
http://downladsoftware.blogspot.com/

IQBAL DOT COM mengatakan...

BLOGWALKING !!!
http://downladsoftware.blogspot.com/

Next Prev home