Kamis, 08 Juli 2010

Instrumen Investasi

Memilih suatu instrumen Investasi tentunya disesuaikan dengan tujuan akhir yang hendak dicapai dan karenanya sebelum berinvestasi, kita hendaknya mengetahui terlebih dahulu mengenai berbagai instrumen investasi sehingga kita bisa menentukan instrumen mana yang paling baik. Setidaknya, ada tiga instrumen dasar yang perlu kita pahami, yaitu Deposito, Obligasi, dan Saham.

DEPOSITO

Deposito yang sering dimaksud umumnya adalah deposito berjangka (time deposit) yang dikeluarkan oleh bank. Dalam sistem ini, kita (investor) memberikan pinjaman kepada bank dengan imbalan “bunga” atas nilai pokok yang kita pinjamkan kepada bank. Seandainya, saat ini, kita menempatkan deposito Rp 100 juta selama satu tahun dan mendapatkan bunga sebesar 6% per tahun, berarti kita akan menerima hasil investasi sebesar Rp 6 juta (sebelum pajak) dan pengembalian nilai pokok (nominal) sebesar Rp 100 juta, satu tahun kemudian.

Dari mana bank dapat membayar bunga 6% itu ? Dari dana deposito yang terkumpul, bank akan menyalurkan pinjaman (kredit) kepada dunia usaha (perusahaan) dan menerima pembayaran bunga kredit misalnya 12% per tahun. Selisih bunga yang diterima dari dunia usaha dan yang dibayarkan kepada deposan sebesar 6% (12% - 6%), sering disebut spread, merupakan sumber penghasilan bagi bank.

OBLIGASI
Obligasi hampir mirip dengan deposito, tapi ia bukan produk perbankan. Obligasi biasanya diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan. Perbedaan umum antara kedua instrumen itu adalah jangka waktu jatuh tempo. Deposito berjangka pendek, sedangkan obligasi berjangka panjang. Selain itu, deposito tidak bisa diperdagangkan di pasar, sementara obligasi bisa.

Perusahaan membutuhkan dana yang besar untuk membiayai kegiatan usahanya. Selain dari modal yang dimiliki sendiri, ia sering membutuhkan pinjaman dari pihak lain, seperti bank atau dengan berutang kepada investor secara langsung. Instrumen (efek) utang yang digunakan, salah satunya, adalah obligasi.

Obligasi merupakan surat utang yang dibeli investor. Perusahaan akan lebih beruntung bila berutang kepada investor melalui obligasi, dibandingkan dengan berutang kepada bank. Mengapa? Karena, perusahaan dapat membayar bunga yang lebih rendah dari-pada berutang kepada bank. Seandainya perusahaan menerbitkan obligasi, pada saat suku bunga kredit 15%, ia akan menawarkan obligasi dengan “kupon bunga” (istilah bunga untuk obligasi) di bawah 15%.

Mengapa investor tertarik membeli obligasi ? Karena, kupon bunga yang diterima akan lebih tinggi (misalnya 2% - 4%) di atas bunga deposito. Tambahan ini wajar karena selain perlu melakukan analisis tentang perusahaan yang bersangkutan, investor perlu berinvestasi untuk jangka waktu yang lebih panjang (lebih dari satu tahun), serta harus menerima risiko atas baik buruknya kinerja

SAHAM
Sebagian kecil masyarakat sudah mengenal saham dan berinvestasi di saham. Sekalipun berisiko tinggi, saham menarik untuk dijadikan alternatif investasi karena memiliki potensi hasil yang juga tinggi.

Bagaimana dasar penerbitan saham ? Pemilik perusahaan, selain dari modal yang dimilliki sendiri dan berutang kepada bank (melalui kredit atau pinjaman) atau kepada investor (melalui obligasi) masih memiliki alternatif untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan usahanya, yakni dengan menjual sebagian kepemilikannya (sahamnya) kepada investor publik. Ini yang sering disebut perusahaan go public.

Perusahaan yang baik umumnya akan menghasilkan investasi yang lebih tinggi dari bunga pinjaman deposito atau bahkan bunga kredit. Mengapa? Karena, sebagian modal usahanya umumnya berasal dari pinjaman bank, sehingga ia perlu menghasilkan investasi yang lebih tinggi agar bisa membayar pinjaman bank tersebut. Selain itu, mendirikan dan mengoperasikan usaha memiliki resiko yang tinggi (misalnya kemungkinan bangkrut), sehingga wajar jika pengusaha berusaha sekuat tenaga untuk memperoleh hasil investasi yang tinggi di atas bunga pinjaman.

Kita, sebagai investor, dapat ikut merasakan potensi keuntungan dari perusahaan dengan memiliki saham-saham perusahaan yang sudah go public. Namun, kita juga perlu bersiap menerima kemungkinan risiko yang timbul, layaknya sebagai pemilik perusahaan. Salah satu cara mengurangi risiko investasi di saham adalah berinvestasi secara diversifikasi dan untuk jangka panjang.

63 comments:

anggasona mengatakan...

pertamaaaaax sahabat ! akhirnya sy tau jg nih dng penjelasan di atas, informasi ini penting buat kita yg mau memulai investasi. saya ijin save ya artikelnya, sy butuh info ini...hehe .. makasie sahabat sudah share ...

Edwin's Personal Blog mengatakan...

obligasi yang lagi ngetren sekarang adalah ori nih pak johnson.

Blog Ekspor Impor mengatakan...

thanks for sharing this useful info..

YAFI SITE mengatakan...

woow.. bagus juga nih info nya mas.. kbtulan di sekolah lagi ada tugas tentang ini.. mudah2an bisa dipakai sebagai referensi..

http://hyesung000.blogspot.com/ mengatakan...

Spread of modern civilization, if there is a cause of health and wealth you have you are willing to try it?
Welcome to Learn:
http://sn.im/vemma_usa
Thank you for your time reading, do not give up the chance to even know, know no loss to you!

joanbonney.com mengatakan...

belum mudeng soal bank..
hehe..
nice share sob :)

Indahnya Kebersamaan mengatakan...

Wah boleh juga nich buat referensi makasih gan

Pak Liek mengatakan...

selama ini masih melakukan deposit saja ....

Cara Buat Template Blogspot mengatakan...

saya juga masih deposit aja... belum benari invest... hehehhehehe

Bali Wedding Photography mengatakan...

wah dapat pelajaran tambahan neh.... salam kenal sobat...

Asis Sugianto mengatakan...

Thx..... uda share,,,, Info baru,,,, nambah pengetahuan,,,

wisata mengatakan...

good infonya nih

lina@happy family mengatakan...

Kalo ngomongin investasi, pingin nyoba ORI nih, mudah2an kesampaian...

Bang rachmat mengatakan...

untuk investasi seperti dijelaskan diatas tampak menjanjikan keuntungan besar walaupun resikonya juga besar. tanya sob kalau produk BRI untuk sektor UKM ada ga? mohon penjelasan. makasih sebelumnya.

arief hidayat mengatakan...

ohh baru tau saya, wah klo dari tiga pilihan diatas sih saya mending pilih saham, biarpun resiko tinggi tapi memiliki keuntungan yang besar, tapi sebelum menanam saham kita sebaiknya harus tau dulu seluk beluk tentang perusahaan yg akan kita ikuti, ya biar tau aja, dan bisa meminimalisir kerugian klo nanti sewaktu2 terjadi hal yg tidak diinginkan

chikarei mengatakan...

makasih sudah berkunjung^^

munir ardi mengatakan...

kalau investasi saham harus ke bursa efek ya pak

Asep sukarman mengatakan...

terimakasih atas penjelasannnya pak jhon, saya akan lebih giat menabung untuk berinvestasi

al-basri mengatakan...

salam,
saya suka dengan investasi, tapi sering tersalah invest.
terima kasih untuk informasi yang sangat lengkap

mixedfresh mengatakan...

Kalau aku sih sob kayanya lebih milih deposito sih untuk investasi karena resikonya yang kecil dan tentu saja bank untuk penempatan resiko lebih baiknya di bank pemerintah karena lebih terjamin walaupun bank swasta juga terjamin karena ada LPS.

Ferdinand mengatakan...

Wah aku jadi tambah tau nie masalah Investasi hhe.... maasih Sob..tapi klo boleh tau Investasi yang resikonya paling rendah apa Sob????

MisterXWebz mengatakan...

tambah ilmu juga tentang perbankan nih,, makasih mas.. sukses untuk blognya ...

downloadscenters.com mengatakan...

Kunjungan gan... wah mantap nih blog tentang uang uang uang .. hihihihi .. salam kenal dari blogger newbie ...

My Blog mengatakan...

Blogwalking sampai mampir ke sini nih gan, jangan lupa kunjung balik yawh... artikelnya keren...

Makasih
Website Gratis

Arya jafarudin mengatakan...

thanks infonya,,,,

buret mengatakan...

cuku penting memulai investasi sedari dini, terima kasih informasinya pak.

ANDI WONG mengatakan...

jadi tw nih perbedaan mendasar antara investor deposito, obligasi dan saham... yg gw ngerti cuma deposito ama saham johnson.. kalau obligasi gw masi blm paham.. tapi setelah baca bahasanmu ini akhirnya saya mengerti.. terima kasih.. ;)

oempak mengatakan...

saya lbh pengen deposito sama saham @_@

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

meskipun saya belum begitu ngeh dengan dunia perbank kan, namun secara perlahan2 saya mencoba memahaminya mas. terimakasih sudah memberikan pelajaran, sangat bermanfaat sekali
sukses slalu!

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Aku cuman pernah gunakan Deposito Bang...
makasih banyak atas infonya.
Sukses dan sehat selalu.

anax kolonx mengatakan...

akhirnya agak sedikit ngerti neh soal saham,,,pngen beli saham perusahaannya sp y,,,hehe,,,

muzzy musthofa mengatakan...

aq dulu seneng banget klo kuliah di ajarin tentang itu....

Start Sharing Not Selling mengatakan...

mantap infonya, persiapan kalau udah ada duit nih

munir ardi mengatakan...

hikks belum punya satupun , kapan ya bisa punya

derilayn mengatakan...

hai friend, would you like to exchange links with me, add my link, visit my blog and write a message, I'll link back!

tips gokil update status facebook mengatakan...

mantabs banget..diversifikasi memang teknik yang bagus untuk 'antisipasi' kalo invest saham.. makasih info dan tipsnya mas.. sukses selalu :)

New Pay Per Lead Affiliation mengatakan...

mo belajar invest di saham masih agak ragu-ragu.. baru cari-cari infonya.. nice tips :)

ELANG ANTARNUSA mengatakan...

ilmu yang berguna. Sy juga telah berinvestasi untuk masa depan sy, dengan menabung. nanti jika sudah berlanjut bisa dengan saham. amien

makasih ! sukses selalu

SyahidaComputer mengatakan...

Kayaknya masih suka dengan deposit bang ... maklum baru dikit investnya ...

kadek setzer mengatakan...

wah hebat ya,,sayang saya belum punya tabungan di BCA negh,,hehe,,saya tertarik jadinya,,
btw follow my blog ya
at http://pariwisatadanteknologi.blogspot.com/

LKIT mengatakan...

Terima kasih atas penjelasannya..dan sangat berguna bagi kami sebagai orang awam

Puguh Prasetyo mengatakan...

manteb nih, ilmu baru...

2012 mengatakan...

Waw.... ini buat bahan pelajaran kewirausahaan kelas tiga neeh mas... Boleh... di bookmark dlu..!!

Lulus Sutopo mengatakan...

Terinmaksih atas share infonya
sangat bermanfaat dan suksess selalu

aan mengatakan...

bnyak cara utk memulai invest ya mas...
nice info n met malam..

gadget mengatakan...

siapa yang berani mengambil kesempatan maka dia yang akan meraih kesuksesan

munir ardi mengatakan...

selamat pagi pak numpang baca-baca investasi

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

mampir berkunjung disini mas,
selamat beristirahat.
Sukses Slalu!

munir ardi mengatakan...

selmat pagi ak semoha aku segera bisa berinvestasi di BRI tapi kalau dilihat malahan ambil kredit he eh

FAISAL HILMI mengatakan...

Aku sih lebih sreg dengan BRI syariah..

iswady mengatakan...

saya saich cuma jadi langganan kredit bri. btw apakah bunga deposito bisa diambil tiap bulan?

Butik Bella mengatakan...

Saya hanya punya Investasi di Deposito ajah nih bos. Cuma dikit sih.. hehhe

Photographer mengatakan...

salam kenal mas.. salam jabat erat..

RAMDHAN mengatakan...

nice info.. thank infonya

tiwi mengatakan...

informasi yg sgt menarik pak...tnx sdh dishare..success 4 u..

hendra mengatakan...

ternyata lama juga ya deposito untuk menghasilkan uangnya,,, klo da modal 5 juta sebaiknya investasi kemana gan?

Anonim mengatakan...

that’s right christian louboutin discount shoes she makes jewelry for the human-kind too. Hand-sewn designer cat louboutin sale uk collar with Swarovski pearls and rhinestones will make your cat look like she’s going discount christian louboutin women's shoes out on a date and it’s perfect for Valentine’s day. discount christian louboutin shoes uk Colors range from pink, black to red with little roses sewn onto the collar, rhinestones cheap christian louboutin shoes uk wrap around the neckline between the flowers adding to it’s romantic look. christian louboutin black lace suede ankle boots Personalized designer cat collars are becoming a big hit, get your cat’s name in rhinestones so uk christian louboutin she can proudly wear it around her neck

Anonim mengatakan...

that’s right christian louboutin discount shoes she makes jewelry for the human-kind too. Hand-sewn designer cat louboutin sale uk collar with Swarovski pearls and rhinestones will make your cat look like she’s going discount christian louboutin women's shoes out on a date and it’s perfect for Valentine’s day. discount christian louboutin shoes uk Colors range from pink, black to red with little roses sewn onto the collar, rhinestones cheap christian louboutin shoes uk wrap around the neckline between the flowers adding to it’s romantic look. christian louboutin black lace suede ankle boots Personalized designer cat collars are becoming a big hit, get your cat’s name in rhinestones so uk christian louboutin she can proudly wear it around her neck

Anonim mengatakan...

Traditionally, Ugg Boots rugby boots were of a high cut Uggs above the ankle to provide additional Cheap Ugg Boots ankle support. This was seen as appropriate Ugg Boots UK given the nature of the game,UGG Australia particularly the stresses of forward play, Ugg Boots Sale and the amount of physical contact involved and to provide protection against knocks

HONDA CENTER mengatakan...

Ingin rasanya saya bisa berinvestasi di Bank BRI
Salam
Honda Center Semarang

info lowongan kerja terbaru 2011 mengatakan...

sangat terkesan membaca artikel ini. keep blogging.. tetap semangat.. :)

Ary_Putra mengatakan...

Terimakasih untuk Infonya , Blog nya Luaaarr Biasa sangat berarti dan berguna bagi saya. Hmm . . . Thanks ya Mas, saya harap Mas bisa mampir ke Blog Saya
MOTIVASI & INSPIRASI 100%
PAKET PERAWATAN KECANTIKAN ONLINE
Mengapa Tuhan Memberi Kita Masalah?
Bagus buat renungan (Baca saja klo ingin tahu)
Nih cewek atau cowok wajib baca gan !!
Perjalanan Hidup Manusia
Merencanakan Ekonomi cara Robert T. Kiyosaki
Kalo mau kaya, jangan pintar pintar
Tips sukses Bob Sadino- WARNING= SANGAT PROVOKATIF

TERIMA KASIH

IQBAL DOT COM mengatakan...

BLOGWALKING !!!
http://downladsoftware.blogspot.com/

Next Prev home