Rabu, 22 September 2010

Kenali Profil Resiko Anda Sebelum Menentukan Pilihan Investasi

Profil Resiko Pilihan Investasi
Anda dapat melakukan investasi di instrumen investasi manapun yang anda pilih, tapi apakah benar investasi yang telah anda lakukan sesuai dengan Risk Appetite atau kemampuan anda untuk menanggung resiko ? mengenali profil risiko seharusnya merupakan langkah awal dalam menyusun strategi investasi, karena setiap orang memiliki profil resiko berinvestasi yang berbeda-beda. Ada yang berani mengambil resiko tinggi demi harapan memperoleh keuntungan super tinggi, ada pula yang menghindari resiko dengan konsekuensi mendapatkan keuntungan yang lebih rendah. Kira-kira anda termasuk yang mana ?

Berdasarkan penelitian, faktor terbesar yang mempengaruhi pilihan profil resiko seseorang adalah faktor genetika, akan tetapi proses kehidupan akan menggeser (bukan merubah) profil resiko seseorang, ada 4 faktor utama yang memberikan kontribusi pergeseran profil resiko seseorang yaitu pengetahuan dan pengalaman, usia, status dan pekerjaan.

Profil resiko dapat terbagi kedalam banyak kategori, namun dalam pembahasan kali ini dibatasi dalam 3 kategori saja dan hanya untuk menentukan pilihan investasi dari investasi rencana pensiun BRI, yaitu :

1. Konservatif
Konservatif adalah tipe investor yang menginginkan kestabilan dan kepastian. Tipe ini adalah sangat tidak menyukai resiko. Mereka cenderung lebih mementingkan keselamatan jumlah pokok investasinya (safety) dibandingkan hasil investasinya (return). Sebagai konsekuensi dari sikap konservatif tersebut, mereka juga rela tidak memperoleh return yang tinggi.
Pilihan investasi yang sesuai bagi mereka yang konservatif adalah berinvestasi pada instrument DPLK BRI Pasar Uang, karena portofolionya adalah instrumen-instrumen yang terpendek dan aman seperti : Deposito, Sertifikat Bank Indonesia/SBI, Surat Perbendaharaan Negara (SPN) dan efek bersifat utang lainnya yang jangka waktunya < 1 tahun.

2. Moderat
Investor dengan tipe ini cukup moderat, karena mereka menghindari kerugian dalam jangka pendek, namun masih berusaha memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dalam jangka panjang, portofolio investasi yang cocok untuk investor ini adalah DPLK BRI Pendapatan Tetap, dengan portofolio adalah instrumen-instrumen surat hutang jangka menengah dan panjang antara lain: Surat Utang Negara (SUN), Obligasi Negara Ritel (ORI), Obligasi Negara Syariah (Sukuk) dan Sukuk Ritel serta Obligasi yang diterbitkan oleh BUMN.
Dalam kondisi normal return DPLK BRI Pendapatan Tetap lebih tinggi dibandingkan DPLK BRI Pasar Uang. Namun dalam kondisi krisis, dimana suku bunga bergerak naik sangat tajam, bisa jadi return DPLK BRI Pendapatan Tetap < DPLK BRI Pasar Uang.

3. Agresif
Tipe agresif cenderung lebih mementingkan hasil investasi (return) dibandingkan keselamatan jumlah pokok yang diinvestasikannya (safety). Investor ini sadar betul bahwa mereka terekspos resiko yang sangat besar, yang memungkinkan nilai pokok investasinya minus atau berkurang. Fokus mereka adalah untuk memperoleh kinerja portofolio diatas rata-rata, sehingga mereka juga telah siap untuk menghadapi volatilitas tinggi yang terjadi dipasar. Portofolio yang cocok untuk investor yang agresif adalah DPLK BRI Saham dengan portofolio investasi adalah Reksadana Saham dan sebagian kecil adalah Giro dan Deposito untuk keperluan likuiditas.

Penentuan pilihan investasi juga dipengaruhi oleh jangka waktu dan tujuan investasi. Meskipun investasi rencana pensiun dari DPLK BRI adalah investasi jangka panjang namun perlu diperhatikan bahwa apabila masa kepesertaan Anda di DPLK BRI < 5 tahun atau usia Anda mendekati pensiun atau Anda tidak siap menghadapi resiko berkurangnya iuran pokok, jangan mencoba-coba untuk memilih pilihan investasi DPLK BRI Saham. Alih-alih mendapatkan peningkatan investasi berlipat-lipat, bisa-bisa anda gigit jari apabila IHSG merosot tajam.


Ingatlah, bahwa potensi keuntungan pasti sejalan dengan potensi resiko. Jadi tetaplah berhati-hati untuk memilih instrumen manakah yang paling menggambarkan toleransi anda terhadap resiko dan cara anda berinvestasi untuk mencapai tujuan, kemudian, lakukanlah pengawasan secara periodik untuk memantau kinerja investasi anda.



63 comments:

Asis Sugianto mengatakan...

Makasih Infonya sahabat..... jadi ngerti nih masalah Invesasi......

Butik Bella mengatakan...

Wahh,, Pengalaman pribadi saya pernah begitu bos. Investasi Saham Danareksa.. Rugi nya lumayan juga. Saat saham danareksa anjlok.. saya sedang tidak berada di indonesia.. *koq jadi curhat yah*..hehhee

Nice info, anyway.. :)

omzen mengatakan...

paman, terima kasih sarannya ya

berpikir positif mengatakan...

sudah lama baca investasi disini tapi belum punya pak, baru sebata nabung di BRI saja

lulu mengatakan...

wah saya termasuk orang yang konservatif, terimakasih info pilihan investasi di BRI ini,, membantu sekali

mulyanto mengatakan...

info YANG SANGAT BERHARGA NIH, TERIM KASIH UNTUK SHER NYA

Beruetz (Era Supriadi) mengatakan...

klo saya sih kayaknya yang agresif ...
terima kasih infonya ..

Follow my blog yah

Ferdinand mengatakan...

klo dipikir-pikir kayanya bener juga tuh Sob... berhubung investasi biasanya untuk jangka waktu yang panjang jadi kayanya mesti bener-bener dipikirin sampe resiko2nya.... nice Sob... makasih udah berbagi...

Sukses slalu!!!

lina@happy family mengatakan...

Saya pernah beberapa kali ikut investasi forex kecil2an, semuanya putus di tengah jalan, hehehe.
Mudah2an bisa ikutan investasi di BRI, pilihannya yang konservatif aja deh.

blogger templates mengatakan...

sepertinya menarik ini...., coba dah saya pelajari dulu...

tiwi mengatakan...

tnx u info yg sgt bermanfaat Pak....selama ini msh pake asuransi maxi guard jd u perlindungan sekaligus inves..yg lain nabung scr tradisional sj...he3....tq...success 4 u....!

Scipt automatic alkatro mengatakan...

kebetulan paling saya agak kurang hati-hati kalo masalah resiko investasi dan sepertinya BRI menawarkan sesuatu yang lebih seimbang, lengkap sekali analisanya, makasih mas :)

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

wah...ilmu yang bermanfaat nih... makasih banget...

Djangan Pakies mengatakan...

Malem Pak John, lama nih ndak mampir ke sini.

Investasi yang ditawarkan begitu jelas dengan segala kelebihan dan resiko yang bisa saja terjadi. Mungkin sikap yang kehati-hatian bisa menjatuhkan pilihan ane yang konservatif dan ini perlu ane pelajari lebih lanjut.

Ihsan Prawoto mengatakan...

ikut nyimak aja deh mas... masukan yang berbobot untuk investasi salam kenal

Andi Wong mengatakan...

gw lebih suka yg cara konservatif atau moderat.... lebih aman... enak ya kalo ada modal gede.. :)

Johnson Manurung mengatakan...

@ Asis Sugianto : makasih sahabat
@ Bella : memang kita harus ekstra mba, sayapun pernah mengalaminya.
@ Omzen : sama-sama sahabat
@ Pak Munir : Menabungpun sudah berinvestasi Pak ..., makasih ya.

Johnson Manurung mengatakan...

@ Lulu, Mulyanto, Beruetz : masings ada resikonya sob and makasih sudah berkunjung dan komen.
@ Mas Ferdi : tepat sekiali mas kita memang harus hati2 menentukan pilihan, sukses ya mas Fer.
@ Bu Lina : Semoga cepat terealisasi ya Bu.
@ Blogger Templates : silahkan sahabat
@ Tiwi : sukses juga tuk mba Tiwi & salam sama putrinya.
@ Alkatro : silahkan dicoba Mas ... he3x

Johnson Manurung mengatakan...

@ Bang Willyo : sama-sama bang
@ Djangan Pakies : silahkan sob, sayapun akan bermain ditempat sobat.
@ Ihsan Prawoto : Salam kenal juga sob, saya akan berkunjung.
@ Bang Andi : betul bang ... kita bisa memiliki banyak opsi.

Nia mengatakan...

Salam sahabat.., kembali berkunjung sambil belajar mengenai investasi.., makasih sharenya sob.., yuk mampir di tempat aq.. dari nia online

Puguh Prasetyo mengatakan...

Informasi yang bermanfaat, terimakasih ya pak...

bippi mengatakan...

jadi gak asal ivest gitu aja ya pak..

vini vidi vucinic mengatakan...

Betul Sob, segala bentuk investasi pasti ada resikonya. Kita harus cermat, biar tidak salah pilih.

Johnson Manurung mengatakan...

@ Nia & Puguh : sama2 sahabat
@ Bippi & Vini : betul sahabat investasi harus dilakukan secara hati2 melalu analisa mendalam.

ikhsan mengatakan...

thanks bang infonya,, kudu mikir2 lagi nich buat investasi, kebanyakan kt terbuai dgn keuntungan padahal tak semudah itu. ok bang thanks

iman Qidiess mengatakan...

hehehehe saya masih kecil gg urus yang ginian :)

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

kunjungan malam sahabat.

ebleh mengatakan...

Terimakasih infonya pak..
Wah, ternyata gak asal-asalan dalam berinfestasi.. Ada tips dan triknya.. hwehehe.. Sok tau aku..

2mind trick mengatakan...

wah terima kasih sarannya mas , artikelnya bagus bagus mas , salam sukses selalu mas

mariokom mengatakan...

wah info yang menarik. tapi kalo saya sukanya yang konservatif karena munking lebih aman. artikelnya bagus mas.

Advert mengatakan...

makasih atas infonya,..
Kalo saya termasuk yg tipe konservatif.. :)

Macam2 Info mengatakan...

wah saya yg mana ya, msh bingung sendiri ni :)

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

nanti saya liat lagi, tanya dosen sekalian :D

D3nBa9as mengatakan...

Nice info Om...
Berkunjung Om pengen cari tau and nambah ilmu..

Salam hangat dari Tangerang.

Google Update Pagerank September mengatakan...

wah saya setuju mas, ada baiknya mempertimbangkan beberapa faktor sebelum berinfestasi semua demi kebaikan bersama dengan begitu jika terjadi apa² kita sudah mempunyai gambaran resiko yang akan dihadapi suatu hari

zen mengatakan...

paman, beberapa faktor sebelum berinfestasi kan dapat diperkecil? bener gak paman? trims lho paman udah koment disini

Lulus Sutopo mengatakan...

Terimakasih share artikelnya Sobat,..
Sangat bermanfaat sekali
Semoga Tambah Sukses dalam usahanya

Johnson Manurung mengatakan...

@ Ikhsan : betul sob untung besar resiko juga besar.
@ Ebleh : sama-sama sahabat
@ 2mind trick : sukses juga untukmu sahabat
@ Mariokom & Advert : yg penting stabil ya sob ...
@ Macam info : pelan2 aja sob ... ngga usah terburu2
@ Secangkir Teh : he3x bisa aja sob ... makasih ya.
@ Den Bagus : silahkan sahabatku
@ Bunglon Blog : betul sahabat kita memang perlu berhati2
@ Zen : betul sekali sahabat, dan kita sama2 saling kunjung & komen.
@ Lulus Sutopo : Sukses juga untukmu sahabat

syahida mengatakan...

Infonya sangat bermanfaat Bang .... dengan postingan ini jadi lebih mengerti tentang investasi. Saat ini saya masih diluar ketiga tipe diatas. Makasih banyak informasinya

julicavero mengatakan...

mmhh.h.bagus sob..setidaknya menambah pemahaman saya mengenai dunia investasi

four dreams mengatakan...

wah baru keliatan lagi nih sobat :)

Parfum mengatakan...

Sip.. sekarang sudah paham mengenai investasi di BRI.

Salam,
Parfum

Johnson Manurung mengatakan...

@ Syahida : sama-sama bang
@ Julicavero : semoga bermanfaat sahabat
@ Four Dreams : makasih sob sudah mampir
@ Parfum : semoga bermanfaat sahabat

Solusi Terbaik mengatakan...

Akses internet kamu dengan cepat dan murah

M. Chandra Panjinata mengatakan...

belum terbiasa investasi, taunya cuma nabung dan nabung.....suatu saat mau jg belajar dan mencoba lebih jauh apa itu investasi

H. Nizam mengatakan...

Halo teman,
Posting yang menarik dan bermanfaat bagi kita yang ingin berinvestasi. Terima kasih atas tipsnya.

multibrand.blogspot.com

follobux mengatakan...

makasih Infonya, sangat membuka wawasan kita dalam masalah perbankan

Johnson Manurung mengatakan...

@ Akses Internet : makasih sahabat sudah berkunjung.
@ M. Chandra : Menabung juga sangat positif sahabat
@ H. Nizam & Follobux: terimakasih & semoga bermanfaat.

IF info mengatakan...

nice post & nice info, tks sob

Om-Digit mengatakan...

anda sangat kreatif sekali kawand !! terima kasih ya postingannya tentang perbankan !!

wanita mengatakan...

Terimakasih infonya, wah kayaknya disini tempat yang pas buat nambah pengetahuan tentang investasi dan perbankkan.

otto mengatakan...

waaahhhh .... jd kepingin inves nieee .... tp blm cukup modalnya ... inves dngan modal kecil ada ga bank jhonson....?? xixixi ,,, sukses selalu bang,

Fahrul mengatakan...

Info yang sangat menarik pak.
Jadi terbuka wawasan saya supaya tidak rugi kalau berinvestasi.

Trims.

Latest Gadget News mengatakan...

Keren nih artikelnya.
Jadi tau sedikit2 mengenai cara berinvenstasi yang baik dan benar.

IQBAL DOT COM mengatakan...

BLOGWALKING !!!
http://downladsoftware.blogspot.com/

fendi ariwibowo mengatakan...

Trimakasih ya om..jadi ngerti soal invest. Mdh2an aku gak kliru ikut di DPLK BRI Pasar Uang. Mkasih...

silvi silviani mengatakan...

nice infonya gan

cara cepat sembuhkan penyakit tumor mengatakan...

ditunggu kunjungan baliknya gan

cara mengobati penyakit anemia secara alami mengatakan...

sukses selalu

pantangan makanan diabetes mengatakan...

ditunggu info selanjutnya

obat alami diabetes melitus mengatakan...

nice gan

Regina Hilary mengatakan...


This app is great it gives you those moments of relaxation and incredibly wonderful
age of war 2 | tank trouble | gold miner | tank trouble 3 | duck life
Game is a must play game and the modern class:
age of war 3 | red ball | Stick war 2 | Apple Shooter | goodgame empire | earn to die | tank trouble 2

Lisa M. Henry mengatakan...

On our site are a lot of new and exciting games. Sure you will feel comfortable and enjoy mixing with it.
strike force heroes 4 | slither io | goodgame empire

With a Hotmail account, you can send and receive emails quickly and easily as well as login and use all Microsoft services.
hotmail sign in | hotmail login
change hotmail password | recover hotmail password
Nowadays, with strong growth of the Internet, each one of us have at least a Gmail account to contact with others at work as well as in daily life.
log in to gmail

Next Prev home